This is the blog of Merry Sarlita . This simple blog aims to share information . Thank you for visiting this blog. GBU always...
RSS

Jumat, 11 Juni 2010

Keamanan Sistem Operasi

Komputer virus - Program komputer yang paling sederhana yang mereplikasi dengan cara yang ditargetkan tanpa persetujuan. Virus Komputer kontras dengan cacing dalam kegiatan ini memerlukan carrier dalam bentuk program komputer, elektronik mail, dll Virus memanfaatkan kelemahan keamanan sistem komputer atau sifat sistem dan pengalaman pengguna dan kecerobohan. Sering keliru disebut virus adalah program berbahaya. Untuk mengontrol, menghapus dan melindungi diri dari virus digunakan program antivirus.

Cacing (cacing disebut) - program yang berfungsi untuk membuat duplikat sendiri. Mereka tidak menyerang benda seperti halnya virus, tetapi hanya untuk mereproduksi diri mereka sendiri.

Kuda Trojan (Disebut Trojan kuda)- Program menjadi kuda Trojan, setelah menjalankan melakukan pekerjaan normal dan tampaknya bahwa pengguna telah meluncurkan program sederhana atau permainan.

Bom logika (Disebut bom logis) berbeda dari kuda Trojan yang tersembunyi operasi tidak dilakukan segera setelah diluncurkan, tetapi hanya pada waktu yang tepat.

Kelinci, juga dikenal sebagai bakteri. Satu-satunya tujuan mereka adalah menyalin diri.

Palsu, Dipanggil hoaxy, dinyatakan peringatan terhadap virus yang tidak ada. Karakteristik peringatan palsu diminta untuk maju ke sejumlah besar kemungkinan orang - tampaknya demi keselamatan mereka.

Cara melindungi diri terhadap anti virus adalah dengan menggunakan anti virus.

Dalam sistem operasi Windows ada dua hal sangat penting yang tidak bisa dipilih kedua-duanya secara maksimal. Keamanan komputer versus Kenyamanan Komputer. Dua sisi ini sayangnya berbanding terbalik artinya jika kita memaksimalkan yang satu maka akan ada resiko kecil bagi yang lain. Artinya jika keamanan komputer sangat maksimal maka dijamin kenyaman berkomputer berkurang. Namun keduanya ada pilihan pada titik tengah. Pembuat perangkat lunak sebetulnya kadang mengorbankan keamanan demi kegunaan, demikian juga sebaliknya dan Microsoft tidak terkecuali. Ada banyak user komputer yang mengorbankan keamanan komputer demi kenyamanan berkomputer terutama saat surfing internet. Dimulai dengan pengguna yang tertipu untuk menjalankan trojan horse, menurunkan default security, seperti dengan menonaktifkan UAC (User Account Control), mematikan patch otomatis, atau menonaktifkan built-in Windows Firewall

Tips ini tidak akan mematikan kenyamanan berkomputer Anda namun komputer tetap aman.

Langkah 1: Aktifkan BitLocker

BitLocker Drive Encryption dapat digunakan untuk mengenkripsi setiap volume pada hard drive, termasuk boot sistem, dan bahkan removable media, seperti USB. Ada beberapa metode perlindungan, termasuk kombinasi dari Trusted Platform Module (TPM) chip, PIN, password, dan smart card.

Langkah 2: Menaikkan UAC slider bar

User Account Control telah ditingkatkan secara signifikan untuk menjadi kurang intrusif dan lebih cerdas dalam membedakan antara yang legal dan yang berpotensi bahaya di Windows 7.

Langkah 3: Patch Setiap Waktu

Pada pengaturan default Windows 7, layanan Windows Update dikonfigurasi untuk mendownload dan menginstal file update sistem operasi dan aplikasi Microsoft pada waktu yang tepat. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa perangkat lunak Microsoft yang paling banyak ditambal di dunia perangkat lunak. Microsoft memungkinkan menginstal perangkat lunak dan memungkinkan proses untuk memastikan bahwa semua program dapat “ditambal” terutama browser plug-in. Hacker jahat dengan cepat pindah ke tempat yang sering ditambal tadi dan mengeksploitasi diam-diam pengguna akhir. Aktifkan selalu update automatic.

Langkah 4: Instal software anti-spam dan anti-malware

Ancaman terbesar bagi sistem klien adalah Trojan horse, Outlook patch palsu, scanner anti virus palsu, codec palsu. Bahayanya adalah mereka tidak langsung menyerang Anda tetapi mereka akan menggiring terlebih dahulu dengan bahasa yang menipu lalu mengeksekusi ketika Anda mengklik persetujuan yang diminta. Anda harus menginstal dan menggunakan software anti-spam dan anti-malware yang up-to-date.

Langkah 5: Aktifkan SmartScreen Filter di Internet Explorer 8

Ketika anda pertama kali memulai IE8, Anda akan ditanya apakah Anda ingin mengaktifkan SmartScreen Filter, yang memeriksa database lokal atau situs Microsoft untuk melihat apakah situs Web yang Anda jelajahi sebelumnya adalah aman atau ada potensi bahaya. SmartScreen juga memeriksa banyak ha-hal berbahaya seperti cross-site scripting. Hasil SmartScreen hanya terlihat jika sebelumnya telah diaktifkan.

Langkah 6: Monitoring Komputer Anda

Seiring waktu, kebanyakan sistem mengakumulasi lebih banyak dan lebih banyak lagi program dan malah seringkali program yang tidak perlu juga dimasukkan yang akhirnya menuntut sumber daya memori. Tanpa pembersihan aktif dari sistem anda, komputer menjadi lebih lambat, lebih rentan terhadap crash, dan penuh dengan serangan tambahan untuk hal-hal buruk untuk mengeksploitasi.

Langkah 7: Back up data

Kita semua telah menggunakan komputer untuk waktu yang lama, dan kita tahu bahwa hal yang paling buruk bisa terjadi kapan saja. Idealnya adalah jika memiliki komputer multiyear garansi, tetapi untuk meminimalkan kerusakan ketika crash komputer Anda, pastikan untuk membuat cadangan data pengganti.

Sumber :

http://agussale.com/tujuh-langkah-keamanan-komputer-pada-sistem-operasi-windows-7/

http://www.forum.wiaderko.com/id/bezpieczenstwo/59448-wirusy-robaki-keyloggery-i-inne.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
background-attachment:fixed;