This is the blog of Merry Sarlita . This simple blog aims to share information . Thank you for visiting this blog. GBU always...
RSS

Selasa, 16 Maret 2010

Sistem Operasi Terhadap Sistem Komputer


Apa yang dilakukan Sistem Operasi terhadap Sistem Komputer?


Sebelum kita menjawab apa yang dilakukan Sistem Operasi terhadap Sistem Komputer, terlebih dahulu kita harus mengerti apa itu Sistem Operasi dan Sistem Komputer itu sendiri.


Sistem Operasi adalah sekumpulan program utama yang mengatur program lain dalam sebuah perangkat komputer yang menghubungkan Hardware, Software dan Brainware pada sebuah perangkat komputer.


Sistem Komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu, Sistem Komputer terdiri dari Hardware, Software, Set Instruksi dan Brainware.


Sehingga yang dilakukan Sistem Operasi terhadap Sistem Komputer adalah :

1. Menghubungkan (Mengkoordinir), Mengelola dan Mengatur Hardware, Software, Set Instruksi dan Brainware pada sebuah perangkat.

Pada Sistem Operasi biasanya terdapat Control Panel.

Control Panel terdiri dari sekumpulan program (Software) yang mengatur dan mengelola Hardware yang terpasang dalam sebuah perangkat.


Jika dianalogikan, Sistem Operasi ini bertugas untuk berbicara atau berkomunikasi dengan bagian-bagian dari Sistem Komputer khususnya Hardware. Pada Sistem Operasi kita mengenal adanya driver dengan driver inilah Sistem Operasi dan Sistem komputer dapat saling berkomunikasi dan mengelola sumber daya terkait dengan pengendalian perangkat lunak yang sedang dijalankan.


2. Mengatur Memori.

Sistem Operasi mengatur pembagian dan mengirimkan instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke Sistem Komputer, selain itu Sistem Operasi juga memilih program yang akan di-load ke memori dan mengalokasikan atau mengdealokasikan ruang memori sesuai kebutuhan.


3. Mengatur Input dan Output.

Koordinasi dan penugasan dari berbagai perangkat input/output ketika satu atau lebih program sedang dieksekusi atau dijalankan. Lewat Sistem Operasi inilah keluaran dan masukan bisa diatur, Input dilakukan oleh Sistem Operasi dan Output dilakukan oleh bagian Sistem Komputer yaitu : Hardware.


4. Menjalankan Sistem Prioritas (Task Management).

Dari Sistem Operasi, urutan pekerjaan yang harus dilakukan oleh Sistem Komputer dari yang utama sampai selanjutnya dapat ditentukan urutannya dan juga lewat Sistem Operasi inilah pengelolaan instruksi yang mencakup : penyiapan, penjadwalan dan pemantauan proses program yang sedang dijalankan.


5. Interpretasi Set Instruksi.

Lewat Sistem Operasi sekumpulan Set Instruksi kepada Sistem Komputer diterjemahkan, sehingga menghasilkan sebuah output atau informasi.


6. Memberikan kenyaman terhadap End-User.

Dengan adanya Sistem Operasi maka End-User dapat melakukan Multi-Tasking. Kalau pada zaman dahulu untuk melakukan pencetakan dokumen (Printing), si End-user harus tahu Port yang digunakan oleh Printer dan Prosedur-prosedur yang digunakan untuk melakukan Printing. Tetapi, pada zaman sekarang dengan adanya Sistem Operasi maka End-User dimanjakan dengan GUI (Antarmuka Grafis) yang memungkinkan melakukan pekerjaan dengan hanya mengklik saja dan tentu saja hal ini membuat nyaman End-User.


Untuk mengetahui Sistem Operasi terhadap Sistem Komputer lebih lanjut ( disertai icon-icon pada Control Panel) silahkan Download Sistem Operasi Terhadap Sistem Komputer.


Sumber :

http://www.computerperformance.co.uk/vista/vista_cpanel.htm

http://www.computerperformance.co.uk/vista/vista_system_maintenance.htm

http://www.computerperformance.co.uk/vista/vista_bitlocker_drive_encryption.htm

http://anggawahyups.blogspot.com/2010/02/macam-macam-dan-fungsi-control-panel.html

http://aditya_ananta.students-blog.undip.ac.id/perangkat-lunak/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
background-attachment:fixed;